Selasa, 20 November 2012

Tips singkat agar ikan hidup sehat dalam akuarium

Sampai sekarang, akuarium masih merupakan penghias ruangan yang indah dan bergengsi, apalagi bila ikan didalamnya dari jenis yang mahal. Tetapi tidak jarang ditemui akuarium yang ikannya terlihat malas bergerak, sehingga mengurangi keindahan. Bagaimana agar ikan dapat sehat, lincah dan enak ditonton ?

Pilih bibit yang sehat
Yang paling penting, belilah ikan yang sehat. Untuk ini memang diperlukan kejelian dan kesabaran tinggi. Jangan tergesa - gesa dalam membeli ikan hias, amati perilakunya dengan baik. Ciri - ciri ikan yang sehat antara lain, tubuhnya tidak cacat atau luka, warnanya cerah dan aktif bergerak. Bila perlu lakukan karantina selama 2 - 3 minggu, bila selama waktu tersebut ikan tetap sehat baru dipelihara dalam akuarium.

Perhatikan kepadatan ikan
Akuarium yang terlalu padat akan dapat menimbulkan stress pada ikan. Kepadatan ideal agar ikan hidup nyaman dihitung dengan membagi luas akuarium (dalam cm2) dengan panjang total ikan yang dipelihara. Selain itu juga dapat berpedoman pada volume air dengan perhitungan, tiap 1 cm panjang ikan memerlukan air sejumlah 1,5 cm kubik.

Beri makanan bervariasi
Selain makanan buatan, ikan perlu diberi makan makanan alami, seperti daphnia (kutu air), jentik nyamuk (cuk), cacing sutera (tubifex), dan lain - lain. Pemberian variasi makanan ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan kebutuhan vitamin dan mineral pada tubuh ikan. Makanan diberikan dalam jumlah secukupnya, usahakan jangan sampai tersisa.

Jaga kualitas air
Kualitas air dapat dijaga dengan cara menggantinya secara rutin setiap 1 sampai 2 minggu sekali. Penggantian dilakukan dengan menyedot air di bagian dasar akuarium menggunakan selang plastik. Volume air yang diganti cukup setengah dari volume semula. Akan lebih baik bila air pengganti diendapkan lebih dulu sehari semalam.
Selain disebabkan kotoran ikan dan sisa makanan, penurunan kualitas air juga dapat disebabkan oleh bau - bauan, asap rokok dan semprotan - semprotan obat rumah tangga (pewangi ruangan atau insektisida).
Untuk itu, bagian atas akuarium perlu diberi penutup.

0 komentar:

Poskan Komentar