Jumat, 02 November 2012

Menanam Java dan Peacock Moss

Merupakan kepuasan tersendiri apabila kita berhasil menanam dan melihat moss2 kita bertumbuh kembang dengan begitu suburnya, karena ada yang bilang ...'Jangan mengaku aquascaper kalo belum bisa menanam dan mengembangkan tanaman aqua jenis moss spt java moss, peacock, christmas dan jenis moss lainnya .
Sebenarnya semua jenis moss mudah ditanam selama kebutuhan akan CO2 dan sinar lampu yang mencukupi, karena moss akan subur dengan sinar yang cukup apalagi ditambah dengan pupuk cair dan suntikan CO2...wah pasti rimbun tuh aquarium...hehehehe
Untuk menanam tanaman jenis moss sangat mudah, yang kita perlukan adalah :
1. tanaman moss (java, peacock, fire, chrismast dll)
2. batu atau kayu ranting
(bisa juga pake pecahan genting supaya permukaan media rata cocok buat foreground)
3. Benang transparant/ senar atau benang biasa yang warnanya menyesuaikan daun
4. Gunting

Pertama kita ratakan moss dipermukaan batu/kayu, diusahakan jangan sampai bertumpuk karena nanti lapisan bawahnya akan mengering bila tidak terkena sinar lampu.
Setelah rata menutup permukaan media, kita ikat dengan benang secara zigzag supaya moss bisa terikat semua, jadi tidak ada mengambang karena jadi terlihat kurang bagus.


Letakkan dipermukaan pasir yang terkena sinar cukup karena moss ini akan tumbuh subur bila mendapatkan cahaya yang cukup kuat, dan usahakan suhu akuarium dibawah 29 derajat.

setelah 1-2 bulan akan tumbuh subur menjadi seperti ini, dan bila dibuat banyak media akan menjadi karpet peacock moss...














Bisa juga diaplikasikan di kawat ram, sehingga bisa dibentuk/dilengkung dibuat seperti jembatan yang berbalut moss seperti gambar di bawah ini....
Selamat Berkreasi....


5 komentar:

Jajuk Prasetyo mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Jajuk Prasetyo mengatakan...

PLAGIATOR!!! seharusnya anda malu mengcopas artikel ini.
artikel yang asli silahkan BACA KESINI

titis bayu mengatakan...

bakarrrrrrrrrrr....... wkwkwkwkwkw

titis bayu mengatakan...

pantes kog artikelnya sama kayak punya kang2 jajuk prasetyo.. jadi binung mana nih penulis yang aslinya...??

Jajuk Prasetyo mengatakan...

tolong kalau copas dicantumkan sumber artikelnya bos.. hargailah sesama blogger, apa yg bisa dibanggakan dengan artikel copas tanpa ijin????

Poskan Komentar