Selasa, 20 November 2012

Manfaat tanaman air untuk akuarium

Selain berkesan alami dan artistik, adanya tanaman air di akuarium juga bisa memberikan manfaat besar bagi pengelolanya.

Pada mulanya orang mempunyai akuarium untuk menikmati keindahan ikannya saja. Namun akuarium yang hanya berisi ikan saja terasa kurang lengkap. Selain ikan, akauarium akan lebih sempurna jika diisi tanaman air atau benda - benda lain yang sering berada di dalam perairan.




Artistik dan bermanfaat
Semula kehadiran tanaman di dalam akuarium hanya berfungsi sebagai dekorasi saja. Ternyata adanya tanaman air memang membuat akuarium jadi lebih menarik. Lebih - lebih kalau penataannya dirancang dengan tepat, sehingga kehadirannya serasi dengan penataan lampu, pasir, dan batu - batuan penghias yang ditaruh di dalamnya.

Namun penggunaan tanaman untuk akuarium, ternyata tidak sekedar bermanfaat untuk keperluan artistik saja. Manfaatnya ternyata tidak kecil dan sangat menguntungkan. Beberapa manfaat yang menguntungkan itu menurut Drh. I Whendrato dan I.M Madyana dalam buku " Mengenal ikan hias ", sebagai berikut :

  1. Tanaman air di dalam akuarium dapat digunakan sebagai alat pemantau keadaan dan mutu air akuarium. Kalau tanamannya tumbuh sehat, berarti keadaan mutu airnya bagus sehingga ikan dapat berkembang dengan baik. Kalau tanaman mati atau merana, berarti ada sesuatu yang tidak memenuhi persyaratan sehingga kehidupan ikan pun bisa terganggu.
  2. Selain menambah keindahan, tanaman air dapat juga berfungsi untuk menyerap kotoran ikan dan kotoran lembut yang melayang - layang di air. Karena kotorannya terserap, kejernihan air akuarium bisa dipertahankan dalam jangka waktu lama. Airnya tidak cepat menghijau dan pH nya relatif stabil.
  3. Kehadiran tanaman air di akuarium dapat pula berfungsi menjaga kestabilan oksigen yang terdapat di dalamnya. Pada saat berasimilasi, tanaman akan menyerap karbondioksida dan mengeluarkan oksigen yang berguna untuk kehidupan ikan. Dengan demikian ikan di dalam akuarium bisa hidup lebih nyaman.
  4. Tanaman air merupakan tempat persembunyian ikan - ikan kecil dari kejaran ikan besar, dan juga tempat berlindung paling ideal bagi ikan dari sengatan sinar yang terlalu tajam, kalau lampunya terlalu panas.
  5. Akuarium yang ada tanaman airnya berkesan alami. Di sela - sela tanaman air itu lah ikan dapat mencari makanan tambahan berupa ganggang yang menempel pada tanaman. Tanaman itu juga dapat digunakan sebagai tempat menaruh telur, kalau ikannya berpijah.
Pemilihan tanaman sebaiknya disesuaikan dengan ukuran akuarium dan ikan yang dipelihara di dalamnya. Penempatannya pun harus tepat dan diperhitungkan sebaik mungkin, agar bisa memberikan manfaat yang maksimal baik sebagai hiasan maupun dalam pengelolaan akuariumnya.

0 komentar:

Poskan Komentar