Minggu, 04 November 2012

Ikan Pembersih Lumut dan Alga Aquascape

Aquascape kita pasti akan indah dipandang kalau kondisi tanaman subur bebas alga dan lumut2 yang menutup daun. Tapi dimana ada tanaman dan sinar lampu yang cukup terang pastilah tumbuh yang namanya alga dan lumut, karena memang kedua hal itulah pemicunya. dan Kaca aquarium jadi kusam dengan lumut2 hijau yang lama kelamaan akan memenuhi permukaan kaca sehingga mengaburkan pemandangan aquascape kita.. kesal?? 
Ya memang cukup mengesalkan kalau kita harus turun tangan sendiri membersihkan lumut2 dan alga2, dan itu cukup menyita waktu kita..Kalau dulu kita mengenal ikan sapu sapu yang rajin membersihkan kaca tapi kurang efektif membasmi alga dan lumut, dan disamping itu penampilannya juga kurang serasi dengan aquascape kita yang indah...hehehe..kasian ikan sapu2 turun derajat...hehehe..
Nah.. untuk 2 hal tersebut diatas yaitu alga dan lumut saya punya dua jenis ikan favorit yang rajin banget memakan alga dan lumut yang nempel didaun2.. dan penampilannya juga cuantik ngga seperti sapu2 yang  sdh ketinggalan fashion hehehehe...
Ikan itu namanya CAE (Chinese Alga Eater ) atau sering disebut juga Lemon Alga Eater adalah sejenis ikan Herbivora, ikan ini khusus pemakan lumut ukuran di alam liar bisa mencapai 28 cm, tapi kalau diakuarium paling maksimal  10-20cm. Warna ikan ini kuning dan putih atau putih kekuning2an. Ikan ini termasuk ikan pendamai tapi jail karena paling senang mengganggu / mencolek ikan lainnya, dan suka hinggap di ekor ikan2 yang besar ukurannya seperti mas koki...iseng ya..?
Nih.. gambar CAE yang lagi sibuk bekerja dengan seragam kuningnya..hehehehe..
 
Ikan herbivora favorit  saya yang kedua adalah SAE (Siamese Algae Eater), termasuk ikan yang sangat mudah dipelihara, selama banyak tanaman pasti ikan ini akan sehat apalagi kalau banyak sekali moss, bisa buat camilan hariannya..dijamin SAE akan gendut..hehehehe..
Ikan ini sangat agresif memakan lumut dan alga sehingga bagus untuk dipelihara di aquascape kita yg kondisinya sudah parah alga dan lumutnya. Selain lumut dan alga ikan ini juga memakan pakan ikan yang lain seperti pelet ataupun cacing beku. Sayangnya kelemahan ikan ini apabila kehabisan stok alga dan tidak diberi pakan ikan yang lain, maka sasarannya adalah lumut dan moss yang kita tanam akan dilahap. Tidak dianjurkan memelihara lebih dari satu karena ikan ini termasuk ikan teritori, jadi pasti akan berantem kalau ada saingan dalam satu akuarium.
Penampakan SAE yang rada gendut di aquascape saya, karena banyak sekali moss yang subur.
 
Sebenarnya masih banyak ikan pemangsa alga dan lumut yang lain seperti Otocynclus Afinis, Homaloptera orthogoniata, plecostomus atau pleco atau ikan sapu sapu, Botia sang predator keong dan masih banyak yang lainnya lagi. Tapi biar bagus terlihat estetikanya sebaiknya pelihara 2 jenis aja, biar ngga seperti pasar malam..soalnya ikan pemakan lumut biasanya kurang sedap dipandang karena sifatnya yang pasif dan gaya berenangnya yang seperti sopir bajaj.. selonong sana selonong sini...ruameee...
cukup SAE dan CAE aja dijamin bersih aquascape dari lumut dan alga... Selamat mencoba!

3 komentar:

Jajuk Prasetyo mengatakan...

sebenarnya akan sangat bertrima kalau anda menulis artikel krn terinspirasi tulisan saya, tapi saya jadi gak respeck ke anda karena bukan cuma terinspirasi tapi anda sudah mencopy paste plek ketiplek tanpa minta izin dari saya dan mencantumkan asal muasal artikel ini.. anda sadar nggak anda sudah melanggar hak cipta saya.. sayang sekali, kalo saya baca keseluruhan isi blog anda sebenarnya bermutu tapi kenapa anda tega mencopy paste tulisan orang lain tanpa minta izin dulu? sesama blogger harusnya saling menghargai bukan saling membajak.. coba jujur saja anda sudah mencopy paste artikel KESINI tolong hapus artikel ini!! HARGAI KARYA ORANG LAIN..! SAYA AWASI TERUS BLOG INI..!!

benz olokezo mengatakan...

muke gile maen copas punya orang..mintak izin kek

jacksen gunawan mengatakan...

haduh ..bang jajuk emng mantap deh .. karyanya ampe dikopas orang laen X_x =))

Poskan Komentar